Friday, July 15, 2011

KENNY ROBERTS : PEMBALAP SEJATI PENUH TALENTA

King Kenny, itulah julukan untuk rider Amerika ini. Gelar yang rasanya memang pantas disandang oleh rider kelahiran Modesota-California, 31 Desember 1951 silam. Selain sukses meraih tiga kali juara dunia GP500, Kenny Roberts juga dikenal sebagai seorang yang multi talenta.
Roberts mengwali karir balapnya dari ajang dirt track AMA Grand National sebelum beralih ke GP500 pada tahun 1978 . Hebatnya pada tahun yang sama, ia langsung sukses menjadi juara dunia. Istimewanya lagi, Roberts adalah juara dunia GP500 pertama yang berasal dari negeri Paman Sam. King Kenny suskes mempertahankan gelar juara dunianya pada dua musim berikutnya, 1979-1980.
Setelah memutuskan pensiun pada akhir musim 1983, Roberts tetap mengabdikan dirinya di ajang Moto Grand Prix dengan mendirikan Team Roberts. Disinilah dia menunjukkan bakatnya sebagai pemimpin. Kesuksesan dua rider asuhannya adalah bukti kepiawainnya dalam bidang leadership . John Kocinski meraih gelar juara dunia di kelas GP250 pada tahun 1990. Pada saat yang sama Wayne Reiney merebut gelar juara dunia GP500. Rainey sendiri kemudian sukses menjadi salah satu legenda GP500 dan berhasil menyamai rekornya dengan menjadi juara dunia tiga kali berturut-turut (1990-1992).
Kurang puas hanya menjadi pimpinan Team, tahun 1996 Kenny Roberts membuat sendiri mesin untuk team-nya. Tahun berikutnya Roberts bekerjasama dengan pabrikan Malaysia, Modenas dan sukses menciptakan motor yang diberi nama Modenas KR3.
Sayang, semakin mahalnya biaya pengembangan motor untuk ajang GranPrix apalagi setelah era 4 tak, membuat proyek KR tak bisa dilanjutkan. Terakhir kali Team Roberts berpartisipasi di ajang MotoGP pada musim 2006 dengan mengandalkan juara dunia GP500 tahun 2000, Kenny Roberts, Jr. yang tak lain adalah anaknya sendiri. Musim sebelumnya, KR menggunakan anaknya yang lebih kecil, Kurtis Roberts karena sang kakak masih bersama Team Suzuki.
Oh ya, semenjak anaknya memakai nama Kenny Roberts, Jr. sang ayah lantas lebih dikenal dengan nama Kenny Roberts, Sr.

No comments:

Post a Comment